Direktorat Kemitraan Lingkungan KLHK dan Yayasan KEHATI Kenalkan Keanekaragaman Hayati Kepada Puluhan Anggota Pramuka Se-Kabupaten Bandung - KEHATI
Artikel

Direktorat Kemitraan Lingkungan KLHK dan Yayasan KEHATI Kenalkan Keanekaragaman Hayati Kepada Puluhan Anggota Pramuka Se-Kabupaten Bandung

20 Juli 2018

Yayasan KEHATI mendukung kegiatan Gerakan Aksi Untuk Lingkungan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di Kebun Tanaman Obat (KTO) Sari Alam, Soreang, Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/7/2018) lalu. Dukungan diberikan melalui pelibatan Biodiversity Wariors sebagai instruktur dan pendamping anggota pramuka di lingkungan Kabupaten Bandung melalui kegiatan Jelajah Keanekaragaman Hayati (Kehati).

Direktur Kemitraan Lingkungan pada Ditjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, KLHK, Jo Kumala Dewi memaparkan tentang gerakan Saka Kalpataru padaa kegiatan Gerakan Aksi untuk Lingkungan di Kebun Tanaman Obat (KTO) Sari Alam, Soreang, Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/7/2018) lalu. (Foto: Ahmad Baihaqi/KEHATI)

Direktur Kemitraan Lingkungan pada Ditjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, KLHK, Jo Kumala Dewi, menyampaikan bahwa gerakan aksi untuk lingkungan bertujuan untuk meningkatkan penyadartahuan generasi muda, khususnya anggota pramuka Saka Kalpataru yang merupakan kader lingkungan hidup dan kehutanan (LHK) dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan. Selain itu, juga sebagai upaya meningkatkan kapasitas anggota pramuka dan mendorong motivasi untuk berperan aktif dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

“Anggota pramuka yang mengikuti kegiatan umumnya dari kelompok penegak dan pandega,  mereka dikenalkan dengan Satuan Karya (Saka) Kalpataru. Saka Kalpataru sendiri merupakan bagian khusus dari pramuka yang dinaungi oleh KLHK dan bergerak dalam bidang pelestarian lingkungan” tutup Jo.

Salah seorang anggota pramuka mengamati satwa liar pada jalur pengamatan di Kebun Tanaman Obat (KTO) Sari Alam, Soreang, Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/7/2018) lalu. (Foto: Ahmad Baihaqi/KEHATI)

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI, Indeka Dharma Putra menjelaskan bahwa 65 orang anggota pramuka Kabupaten Bandung mengikuti Gerakan Aksi untuk Lingkungan. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengenal keragaman tumbuhan obat dan fauna.

“Anggota pramuka diberikan penjelasan tentang kegiatan Saka Kalpataru yang terdiri dari tiga Krida, yaitu Krida 3 R, Krida Perubahan Iklim dan Krida Keanekaragaman Hayati. Pada Krida Keanekaragaman Hayati, salah satu kegiatannya adalah mengamati, mencatat, dan, mendokumentasikan keanekaragaman hayati” tandas Indeka.

Para anggota pramuka mencatat hasil pengamatan tanaman obat dan satwa pada jalur pengamatan di Kebun Tanaman Obat (KTO) Sari Alam, Soreang, Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/7/2018) lalu. (Foto: Ahmad Baihaqi/KEHATI)

Pramuka yang sejatinya sebagai satuan yang dekat dengan alam perlu mengenal keanekaragaman hayati yang ada, terutama yang terdapat di daerah sekitar. Hal ini dapat memicu semangat untuk menjaga dan melestarikan keragaman hayati tersebut.

Pemilik KTO Sari Alam, Oday Kodariah menyambut baik kegiatan Gerakan Aksi untuk Lingkungan yang dilakukan di tempatnya. Bu Oday, telah melakukan pelestarian tanaman obat dengan melakukan penanaman ratusan tanaman jenis tanaman obat sebagai kekayaan sumber daya genetik Indonesia, menyampaikan bahwa generasi muda sangat penting untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia. Keanekaragaman Hayati bukan warisan, melainkan titipan untuk anak cucu kita.

Pemilik Kebun Tanaman Organik (KTO) Sari Alam, Oday Kodariah memaparkan tentang kegiatan pelestarian tanaman obat dengan melakukan penanaman ratusan tanaman jenis tanaman obat padaa kegiatan Gerakan Aksi untuk Lingkungan di Kebun Tanaman Obat (KTO) Sari Alam, Soreang, Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/7/2018) lalu. (Foto: Ahmad Baihaqi/KEHATI)

  • Artikel
  • Direktorat Kemitraan Lingkungan KLHK dan Yayasan KEHATI Kenalkan Keanekaragaman Hayati Kepada Puluhan Anggota Pramuka Se-Kabupaten Bandung
dukung kehati