Permintaan Proposal (Call for Proposal) Program Hibah Blue Abadi Fund (BAF) Siklus-2 Di Bentang Laut Kepala Burung, Papua Barat - KEHATI
Artikel

Permintaan Proposal (Call for Proposal) Program Hibah Blue Abadi Fund (BAF) Siklus-2 Di Bentang Laut Kepala Burung, Papua Barat

31 Agustus 2018

Pada awal tahun 2017, koalisi Bentang Laut Kepala Burung (BLKB) yaitu Conservation International (CI) Indonesia dalam kemitraan dengan Starling Resources, The Nature Conservancy (TNC) dan WWF Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Papua Barat telah meluncurkan Blue Abadi Fund (BAF) sebagai model pendanaan jangka panjang dan lestari. BAF adalah dana perwalian konservasi yang dikhususkan untuk Bentang Laut Kepala Burung yang memberdayakan masyarakat dan lembaga lokal untuk mengelola sumber daya kelautan mereka secara berkelanjutan dengan menyediakan pendampingan dan memberikan dana hibah. Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) telah dipilih sebagai administrator untuk pengelolaan Program Hibah BAF.

Bentang Alam Pulau Muslat, Misool Utara (Dok. Yayasan Nazaret Papua)

Penggunaan dana Program Hibah BAF akan diprioritaskan untuk mendanai Strategi berikut:

  • Strategi 1: Mendukung pengelolaan bersama Jejaring Kawasan Konservasi Perairan (KKP) BLKB yang dimandatkan pemerintah, yang secara khusus termasuk KKP di Raja Ampat, Kaimana dan Tambrauw dapat dikelola bersama secara efektif dan aktif berdasarkan rencana pengelolaan dan sistem zonasi KKP.
  • Strategi 2: Memobilisasi dan memberdayakan jaringan organisasi masyarakat sipil lokal di kawasan BLKB untuk melengkapi upaya konservasi yang dimandatkan oleh pemerintah melalui pendidikan dan penjangkauan, konservasi spesies dan ekosistem, sains dan pemantauan konservasi, pembangunan berkelanjutan dan penghidupan pesisir, dan jejaring bentang laut, koordinasi dan pengembangan kapasitas.

Program Hibah BAF Siklus-2 periode Januari s.d. Desember 2019 menyediakan fasilitas sebagai berikut:

  • Hibah PRIMARY: untuk mendukung lembaga/organisasi lokal Papua yang terdaftar secara sah di Indonesia dan secara aktif berpartisipasi dalam konservasi dan pembangunan Bentang Laut yang berkelanjutan. BAF akan menyediakan pendanaan senilai Rp. 325 juta s.d. Rp. 6,5 milyar per organisasi.
  • Hibah INOVASI: untuk mendukung kelompok swadaya lokal Papua yang secara aktif berpartisipasi dalam konservasi dan pembangunan Bentang Laut yang berkelanjutan. BAF akan menyediakan pendanaan senilai Rp. 13 juta s.d. Rp. 325 juta per organisasi.

Permintaan Proposal (Call for Proposal) ini ditujukan kepada organisasi masyarakat sipil Papua, organisasi nirlaba, kelompok masyarakat, organisasi keagamaan, lembaga pendidikan tinggi, lembaga penelitian universitas, dewan adat, dan lembaga terkait lainnya yang beroperasi di BLKB dan sejalan dengan Strategi Prioritas BAF tersebut di atas.

Lembaga yang berminat mengajukan proposal untuk Program Hibah BAF Siklus-2, harap mengirimkan email ke eddy.sahputra@kehati.or.id atau menghubungi Sdr. Eddy Sahputra di nomor hp. 0811 485 8753 untuk memperoleh Dokumen Call for Proposal BAF beserta panduannya. Dokumen ini juga dapat diunduh pada link berikut: http://bit.ly/BHSBAF2

Pengajuan Proposal untuk Program Hibah BAF Siklus-2 beserta dokumen yang disyaratkan, harus diserahkan selambat-lambatnya pada Jumat, 14 September 2018 melalui:

  • Artikel
  • Permintaan Proposal (Call for Proposal) Program Hibah Blue Abadi Fund (BAF) Siklus-2 Di Bentang Laut Kepala Burung, Papua Barat
dukung kehati