Telah Terbit Warta KEHATI Edisi Terbaru - KEHATI
Highlight

Telah Terbit Warta KEHATI Edisi Terbaru

11 Juni 2018

KEHATI meluncurkan majalah Warta KEHATI edisi Januari 2018, Jumat (12/1). Peluncuran majalah ini bertepatan dengan hari ulang tahun KEHATI ke-24, yang jatuh pada tanggal 12 Januari 2018.

Dalam acara peluncuran yang diselenggarakan di Kantor KEHATI tersebut, secara simbolik Direktur Komunikasi dan Penggalangan Sumber Daya KEHATI, Fardila Astari, menyerahkan majalah Warta KEHATI edisi terbaru kepada Direktur Eksekutif KEHATI, M.S. Sembiring.

Dalam edisi Januari 2018 ini, Warta KEHATI mengangkat tema “Memotret Perhutanan Sosial” sebagai laporan utamanya. Laporan utama ini membedah dari berbagai sisi, baik latar belakang, analisis kebijakan, implementasi di lapangan, kritik maupun berbagai alternatif jalan solusi yang dapat ditempuh oleh pemerintah dan segenap stakeholder lainnya agar Program Perhutanan Sosial ini dapat menjemput tujuan besarnya, yaitu keberpihakan  yang nyata kepada masyarakat di sekitar hutan, kesejahteraan masyarakat yang selamam ini terpinggirkan, sekaligus terpeliharanya ekosistem hutan yang lestari.

Dalam rubrik laporan utama juga disajikan sejumlah artikel yang membedah pengalaman-pengalaman KEHATI dan mitranya di lapangan dalam mendampingi masyarakat sekitar hutan yang menjalankan skema perhutanan sosial. Hingga akhir 2017, luas kawasan hutan yang dimanfaatkan oleh warga dampingan KEHATI dalam skema perhutanan sosial seluas lebih dari 388.000 hektar. Angka tersebut sekitar 36 persen dari luasan lahan hutan yang telah didistribusikan oleh pemerintah kepada petani hingga akhir Oktober 2017 yang sekitar 1,09 juta hektar. Namun, capaian sebesar 1,09 juta hektar tersebut sesungguhnya masih jauh dari target pemerintah yang ditetapkan dalam RJPM Nasional 2015-2019 yang seluas 12,7 hektar. Ada banyak tantangan dan persoalan yang harus dijawab pemerintah untuk mewujudkan dan menyukseskan perhutanan sosial ini. Nah, apa saja tantangan dan persoalan itu?silakan baca Warta KEHATI edisi terbaru. Edisi ini dapat dibaca secara online di website KEHATI (Soft file menyusul). Untuk edisi cetaknya diterbitkan dalam jumlah terbatas.

Selain perhutanan sosial, edisi ini, Warta KEHATI juga memuat berbagai kiprah pendampingan dan capaian-capaian KEHATI bersama mitranya di berbagai daerah di Indonesia. Tentu di dalamnya dilengkapi dengan foto-foto yang menarik, eksotis, dan bertutur tentang berbagai renik kehidupan, baik alam, manusia, maupun lingkungannya.

Warta KEHATI Edisi Januari 2018

  • Highlight
  • Telah Terbit Warta KEHATI Edisi Terbaru
dukung kehati