441 views Ronald, Pejuang Milenial Kopi Colol – KEHATI KEHATI
\
Ronald, Pejuang Milenial Kopi Colol

Gelisah dengan banyaknya pemuda yang merantau ke luar Desa Colol untuk mencari penghidupan yang lebih baik, Ronald mendirikan Komunitas Milenial Gejur Colol. Melalui komunitas ini, Ronald berharap dapat menggerakan generasi muda untuk mengabdi di desa, terutama yang pernah mengenyam pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi. Gejur sendiri berasal dari kata Manggarai yang berarti rajin, kreatif, atau punya inovasi. Ronald melihat banyak potensi yang dimiliki desanya. Selain sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Manggarai Timur, Desa Colol memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan sebagai desa wisata.

 

Namun, potensi dan keindahan Desa Colol belum dikelola secara maksimal. Berbekal ilmu yang didapat dari bekerja di SCOPI (Sustainable Coffee Platform Indonesia), Ronald mendapatkan ide untuk mengembangkan desanya menjadi tujuan wisata berbasis komoditas kopi. Bersama anggota Milenial Gejur Colol, Ronald merancang dan menjalankan beberapa program di desanya, antara lain pengembangan hortikultura, pangan lokal, dan kegiatan sadar wisata.

 

Pada banyak kesempatan, Ronald mengedukasi masyarakat untuk terus menjaga kualitas kopi Colol, baik dari proses panen sampai pengemasan/packaging. Selain itu, Ronald juga menekankan pentingnya penambahan nilai dari kopi yang dihasilkan, misal pembuatan souvenir, parfum, lukisan, dan produk lainnya.

 

Ronald juga aktif mempromosikan Kopi Colol melalui media sosial (instagram @ponan_coffee), dimana konten yang dimuat mempromosikan Kopi Colol baik ketika masih di pohon, sampai proses pasca panen. Kedepannya, Ronald dan komunitas bentukannya akan berusaha membudidayakan kopi Juria yang sudah langka dan hampir punah. Untuk itu, Ronald berharap mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terutama pemda untuk persemaian bibit kopi juria.

 

Beberapa varietas kopi yang ada di Desa Colol antara lain arabika, juria, yellow caturra, red cattura dan robusta. β€œKopi Colol adalah nafas kehidupan bagi masyarakat Colol, semua kebutuhan atau sandaran dalam menjalankan kehidupan yaitu bersumber dari kopi, sehingga saya ingin mengangkat kopi Colol untuk lebih di kenal, kopi Colol dari Flores untuk dunia,” harapnya.